Manfaat Vector Graphics Dalam Desain

Published by mistie on

Setiap hari kamu pasti telah melihat berbagai macam gambar, misalnya di buku, televisi, iklan poster, billboard dan lainnya. Semua gambar tersebut memiliki pesan dan tujuannya masing-masing, termasuk gambar digital.Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari pengolahan gambar yang menggunakan komputer, kamera, scanner atau alat elektronik lainnya. Gambar digital terbagi atas dua jenis, yaitu berupa file bitmap dan vektor. Sebelumnya, kita sudah membahas terkait apa sih desain vektor?Dalam artikel ini, kita akan mencoba mengulas manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan gambar vektor dalam sebuah desain.
Mudah Dibuat
Walaupun mudah untuk membuat gambar vektor, tapi tentu saja kamu membutuhkan tools atau aplikasi pendukung. Jangan bingung dengan banyaknya pilihan software yang bisa digunakan. Pilihlah software yang kamu kuasai dan nyaman kamu gunakan. Pelajari cara-cara menggambar vektor dari banyak sumber seperti blog atau YouTube dan kamu akan segera menguasainya.
Gambar Vektor Bisa Diukur
Salah satu keuntungan terbesar ketika kamu membuat gambar vektor adalah bisa membuat gambar dengan ukuran apapun. Karena itulah vektor merupakan jenis gambar yang tepat untuk mendesain logo sebuah perusahaan dan desain lainnya yang sering mengalami perubahan ukuran.Seorang desainer ingin agar gambarnya bisa berubah ukuran sehingga dapat digunakan pada berbagai platform. Oleh karenanya desainer cenderung menciptakan gambar vektor dalam kreasi mereka.
Tidak Ada Distorsi Gambar
Tidak seperti gambar bitmap, gambar dapat dengan mudah diperbesar tanpa terdistorsi dalam bentuk vektor. Oleh karena itu, tidak perlu takut gambar vektor yang kamu buat akan blur jika kamu mengubahnya ke ukuran lain. Gambar itu akan tetap jelas dan tajam, serta tidak akan ada bagian yang terlihat berbeda dari gambar aslinya.
Mudah Untuk Diedit UlangKomponen-komponen yang ada di gambar vektor dapat secara individual dimanipulasi. Ketika kamu mau mengedit tidak usah melakukannya secara keseluruhan. Melainkan cukup mengedit bagian tertentu yang diinginkan saja. Hal ini memudahkanmu dan menghemat banyak waktu. Kamu juga tidak perlu takut melakukan kesalahan karena gambar bisa diedit ulang.
Memiliki Ukuran File Yang Kecil
Gambar dengan ukuran file yang kecil lebih mudah untuk dikirim dan digunakan pada website, serta diunduh atau download. Karena itulah, banyak orang yang lebih suka menggunakan gambar vektor untuk ditampilkan di website. Walaupun kamu membuat gambar dengan ukuran besar, kamu tetap bisa menyimpannya dengan ukuran file yang kecil.
Ideal Untuk Membuat Detail Gambar Ilustrasi
Karena gambar vektor menggunakan garis, maka mudah untuk membuat gambar yang sangat mendetail namun tetap tajam. Hasil gambar vektor ini lebih bagus daripada foto beresolusi tinggi. Gambar vektor dengan detail yang dalam bisa dimanfaatkan untuk presentasi, demonstrasi dan penjelasan teknik manual untuk suatu benda.
Bagus Ketika DicetakGambar jenis ini akan lebih terlihat bagus dan tajam ketika dicetak. Sangat mudah untuk mencetak gambar vektor tanpa perlu khawatir akan muncul bentuk persegi di sekitarnya.
Umumnya Lebih Estetis (Enak Untuk Dilihat)
Vektor menghasilkan gambar dengan garis dan detail yang sangat halus. Karena itulah sebuah logo dengan jenis vektor akan selalu terlihat bagus atau tidak blur dalam ukuran apapun.
Ukuran File Berdasarkan Kerumitan Gambar
Ukuran gambar vektor biasanya kecil dan tergantung bagaimana kesulitan serta detail gambar tersebut. Aspek ukuran pada jenis gambar ini tidak berdasarkan pada besar atau kedalaman warna yang kamu gunakan.
Bagus Untuk Animasi
Karena ketajaman gambar yang dihasilkan, gambar vektor sangat cocok untuk digunakan dalam animasi, bahkan karikatur.
Sekarang kamu sudah tahu kan apa manfaat yang bisa kamu ambil dengan desain vektor? Nah kamu bisa langsung berkreasi menciptakan gambar vektor versimu sendiri atau mendownloadnya dari internet. Berbagai contoh dan info lebih lengkap tentang vektor bisa kamu akses di web kami www.mistievector.com. Selamat mencoba!!

Categories: Uncategorized

error: Content is protected !!